The Final Posting : Spiritual Creativity

What is spiritual creativity? Pertama kali saya mendengar kata “spiritual creativity”, yang ada di kepala saya adalah “apaan tuh???” jadi, saya langsung meng-wikipedia. Ga ada sih arti kata spiritual creativity di Wikipedia. Yaaaahhhh, om Google juga ga ngasih jawaban yang jelas tentang spiritual creativity itu sendiri. Jadi, lebih baik kita pecahkan saja dulu kata “spiritual creativity” menjadi “spiritual” dan “creativity” NGONG~

menurut google translate, spiritual ituartinya ‘rohani’. Dan, creativity yang sudah satu semester ini kita pelajari adalah kreatifitas yang berarti see something differently and out of the box. Jadi, kalo di combine, spiritual creativity itu adalah think out of the box spiritually, secara kejiwaan. Saya juga ga mengerti sepenuhnya tentang apa yang saya tulis ini sih, soalnya sampe sekarang pun tetep aja arti spiritual creativity itu masih mengawang-awang.

Baiklah, akan saya renungkan sejenak.

TING TINGTING TING……

Setelah melalui pemikiran panjang nan rumit dan ga jelas, maka saya putuskan bahwa spiritual creativity itu adalah kreatifitas yang membutuhkan sentuhan jiwa secara rohaniah. Jadi kreatifitas yang terbentuk di sini adalah berdasarkan apa yang dipercayai oleh jiwa seseorang, dan kepercayaan ini lebih mengarah kepada hal yang abstrak danbukan scientifically.

Contohnya saja, Steve Jobs yang menekankan kepada unsur style tercermin dalamkarya-karyanya. Kita lihat saja iPod, iPad, dan iPhone. Dalam setiap karyanya itu selalu tercermin style yang elegan dan itu merupakan ‘kepercayaan’ dari Steve Jobs. Steve Jobs memiliki pemikiran bahwa style adalah suatu hal yang diprioritaskan, dan hal tersebut keluar dari jiwanya.

Contoh lainnya…… Pak Apiq (cihuyyyy!). Pak Apiq percaya bahwa matematika itu sebenarnya tidak menakutkan dan matematika bisa dimengerti dengan mudahnya. Dengan kepercayaan bahwa semua orang dapat dengan mudah mengerti matematika, maka kreatifitas yang terbentuk oleh Pak Apiq adalah Apiq Quantum, belajar matematika dengan cara bermain. Nah, dengan kreatifitas yang tercipta dari kepercayaan itu maka Pak Apiq dapat menemukan cara-cara mempermudah pengertian matematika.

Mungkin ini saja contoh yang bisa saya berikan, mudah-mudahan bisa dimengerti. Saya juga tidak yakin maksud dari spiritual creativity yang dimaksud adalah yang saya jelaskan ini atau tidak, tapi saya yakin masih banyak pengertian-pengertian lain dari pemikiran orang yang berbeda.

So this is my final posting for Creativity and Innovation course,
saya sangat menikmati tugas-tugas yang diberikan oleh kuliah CI dan saya yakin apa yang saya kerjakan dapat bermanfaat bagi saya dan orang-orang yang membacanya.

CIAO!

ANNYEONG!

ADIOS!

Leave a Reply

